RSS

Rossi Kembali Ke Atas Motor MotoGP

rossi kembali
Hanya 22 hari setelah mengalami patah tulang di kaki kanannya, Valentino Rossi kembali menunggangi motor MotoGP. Bagaimana rasanya, Rossi?



Rossi awalnya diprediksi butuh waktu 30-40 hari untuk memulihkan diri usai mengalami kecelakaan motocross pada 31 Agustus lalu. Gara-gara kecelakaan tersebut, Rossi menderita patah tulang tibia dan fibula di kaki kanannya.

Akan tetapi, proses penyembuhan Rossi ternyata berjalan lebih cepat dari perkiraan. Rossi sudah menunggangi motor Superbike YZF-R1M dalam tes privat di Misano pada awal pekan ini.

Berselang beberapa hari, Rossi kembali ke atas motor YZR-M1 dalam dua sesi latihan bebas MotoGP Aragon, Jumat (22/9/2017). Dalam kondisi trek yang lembap, pebalap Italia itu menempati posisi ke-18 di latihan pertama dan posisi ke-20 di latihan kedua.

Rossi mengaku tak merasakan kendala berarti saat menunggangi motornya. Namun, dia juga terbantu oleh kondisi trek yang lembap pada latihan bebas pertama dan kedua.

Oleh karena itu, Rossi mengharapkan kondisi trek kering pada Sabtu (23/9) dan Minggu (24/9). Dalam kondisi kering, tantangan yang dia hadapi makin berat, tapi dia juga bisa menguji kesiapannya untuk menghadapi balapan.


“Saya cukup senang karena saya merasa nyaman di atas motor. Saya sudah merasa enak sejak pagi ini dan juga karena kaki berada dalam kondisi baik setelah dua sesi latihan, saya tak terlalu merasakan sakit,” ungkap Rossi yang dikutip Crash.net.

“Di atas trek basah, tentu saja secara fisik itu jauh lebih mudah. Jadi, itu bisa membantu saya untuk memulai akhir pekan. Tapi, di sisi lain, itu lebih berbahaya, lebih gampang membuat kesalahan kecil dan crash. Jadi, saya harus selalu mengendarai motor dengan sedikit margin. Dari beberapa sudut pandang, lebih baik (di atas trek basah), tapi dari sudut pandang yang lain itu lebih buruk, karena Anda harus selalu waspada.”

“Kami mengharapkan kondisi kering untuk Sabtu dan Minggu, dan mungkin mulai besok (Sabtu) kami juga bisa mengatur setelan motor dan berusaha memahami level kami.”

“Kalau basah, saya tak punya masalah tertentu (untuk menjalani balapan). Tentunya dalam kondisi kering, itu jauh lebih menantang, untuk kaki dan juga untuk anggota tubuh yang lainnya. Karena apa yang saya dapatkan di Misano (dalam tes dengan motor Superbike) adalah lengan yang bekerja lebih keras, bahu juga, karena saat mengerem saya tak punya tenaga di kaki untuk mengerem motor. Jadi, itu sedikit lebih menantang.”

“Hal lainnya adalah dalam kondisi kering, Anda harus bergerak di atas motor dari satu sisi ke sisi lainnya, dan juga ketika Anda sepenuhnya miring (ketika menikung), Anda berada sedikit lebih jauh dari motor. Dan saya tak terlalu memahami ini dengan R1, karena R1 lebih mirip motor normal, seperti M1 di atas kondisi basah. Tapi, dengan M1 di atas kondisi kering, Anda harus tetap berada lebih jauh dari motor. Jadi, dengan kondisi ini, tak ada masalah, tapi kami harus menunggu sampai besok (Sabtu) untuk menunggu kondisi kering.”

“Hari ini kami mencoba pijakan kaki yang lebih rendah agar punya ruang lebih besar. Jika besok saya mampu, saya ingin mencoba setelan normal,” kata Rossi.

Baca Juga >> Rossi Lolos Medis Arogan

0 comments:

Post a Comment